Yogyakarta Tempo Doeloe dan Perkembangan sekarang ini

Yogyakarta dari dulu dikenal sebagai kota sejarah. Tak heran jika banyak peninggalan bersejarah baik peninggalan budaya maupun peninggalan tempo dulu seperti masa penjajahan. Hingga sekarang peninggalan itu masih terjaga kelestariannya. Ini tidak lepas dari kepedulian semua lapisan masyarakat Yogyakarta. Selengkapnya »

Mengenal Museum Kereta Kraton Yogyakarta

Menengok Sejarah Kereta Kuda di Museum Kereta Keraton Yogyakarta. Selengkapnya »

Info kuliner di Kota Yogyakarta

Berada di Yogyakarta, tak ada salahnya sekalian wisata kuliner khas kota ini. Aneka cita rasa akan ditawarkan dan yang pasti membuat siapapun akan ketagihan mencicipi lagi. Soal makan dan oleh saat berwisata ke Yogya, tidak usah bingung. Selengkapnya »

 

Tag Archives: kereta jogja solo

KA Sriwedari, Kereta Komuter Yogya-Solo

PT Kereta Api (KA) Daop 6 Yogyakarta meluncurkan Kereta Rel Disel Elektrik (KRDE) Sriwedaridi stasiun Tugu Yogyakarta. KA komuter AC ini akan melayani relasi perjalanan Yogyakarta-Solo dengan 8 kali perjalanan dan sekaligus melengkapi operasional kereta Prambanan Ekspres (Prameks) yang tengah mengalami gangguan.

Plh. Kepala Humas PT KA Daops 6 Yogyakarta, Kuswardojo menjelaskan, kemunculan KA Sriwedari ini diharapkan dapat menjadi alternatif baru bagi penumpang KA komuter Yogya-Solo. Sejak peluncuran pertama, antusiasme penumpang terlihat cukup tinggi.  

“Sejak tanggal 2 November lalu, sudah banyak calon penumpang yang menanyakan. Sampai dengan evaluasi hari ini setidaknya 50 persen tempat duduk telah terisi dari total 462 kapasitas kereta,” ujarnya.

Dijelaskan, pada keberangkatan pertama pukul 05.15 WIB pagi tadi telah terisi 151 penumpang, sedangkan dari Solo 233 penumpang dan peluncuran di jam kedua pukul 08.30 WIB telah mencapai 243 penumpang.

“Targetnya pada masa hari libur, penumpang bisa mencapai 100 persen. Karena operasional KA Sriwedari ini merupakan respon dari permintaan masyarakat yang menginginkan fasilitas kereta nyaman dari Yogya ke Solo atau sebaliknya,” kata Kuswardojo.

Kepala Daop 6 Yogyakarta, Sinung Tri Nugroho menambahkan, kemunculan KA Sriwedari ini akan melengkapi KA Prameks dan Madiun Jaya yang selama ini digunakan masyarakat. Tarif sekali perjalanan ditetapkan Rp20 ribu dengan keunggulan fasilitas AC. 

“KA Sriwedari ini dilengkapi dengan AC sehingga lebih nyaman. Diharapkan ini akan menjadi primadona baru KA Komuter dan selama satu bulan ini perjalanannya akan didampingi teknisi INCA,” ungkapnya.

KA Sriwedari akan melintasi 6 stasiun, yakni Solo Balapan-Purwosari-Klaten-Maguwo-Lempuyangan-Yogyakarta. Dari Yogyakarta kereta akan diberangkatkan pada pukul 05.15-08.30-14.30 dan 17.45 WIB. Sedang, dari Stasiun Solo Balapan kereta diberangkatkan pada pukul 06.55-10.05-16.10 dan 19.25 WIB.

sumber  : kedaulatan rakyat

Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.