Yogyakarta Tempo Doeloe dan Perkembangan sekarang ini

Yogyakarta dari dulu dikenal sebagai kota sejarah. Tak heran jika banyak peninggalan bersejarah baik peninggalan budaya maupun peninggalan tempo dulu seperti masa penjajahan. Hingga sekarang peninggalan itu masih terjaga kelestariannya. Ini tidak lepas dari kepedulian semua lapisan masyarakat Yogyakarta. Selengkapnya »

Mengenal Museum Kereta Kraton Yogyakarta

Menengok Sejarah Kereta Kuda di Museum Kereta Keraton Yogyakarta. Selengkapnya »

Info kuliner di Kota Yogyakarta

Berada di Yogyakarta, tak ada salahnya sekalian wisata kuliner khas kota ini. Aneka cita rasa akan ditawarkan dan yang pasti membuat siapapun akan ketagihan mencicipi lagi. Soal makan dan oleh saat berwisata ke Yogya, tidak usah bingung. Selengkapnya »

 

Harga Tiket Kereta Api dari Jakarta ke Yogya

Banyak cara dan jalan menuju Yogya. Salah satunya menggunakan kereta api. Faktor kenyamanan yang menjadi keunggulan dari transportasi ini. Sehingga transportasi ini menjadi primadona. Ada tiga jenis kereta api dari Jakarta menuju Yogya.

Berikut jenis kereta api dan harganya dari Jakarta menuju Yogya. Ketiga jenis tersebut yaitu kereta api eksekutif, ekonomi ac, dan ekonomi. Ketiga kereta tersebut tentu memiliki keunggulan tersendiri. Anda dapat memesan tiket kereta api melalui call center 121 atau pemesanan di Kantor Pos, Alfamart, dan Indomart. Khusus jenis kereta api ekonomi, pemesanan dilakukan di loket.

Untuk kereta eksekutif, keberangkatan dari Jakarta hanya melalui Stasiun Gambir saja. Kereta ekskutif ini yaitu Kereta Bima, Argo Lawu, Dwipangga, dan Taksaka. Dengan kisaran harga sekitar Rp 350.000, perjalanan menggunakan kereta api ekskutif memakan waktu 8 jam dan berhenti di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Anda juga dapat menggunakan kereta api ekonomi ac, yaitu Kereta Gajah Wong dan Bongowonto. Kereta tersebut berangkat melalui Stasiun Pasar Senin dan jarak tempuh yang hampir sama dengan kereta eksekutif, sekitar 8 jam. Harganya pun sekitar Rp 170.000 saja.

Jika ingin bakcpacker, Anda dapat menggunakan kereta ekonomi seperti Progo dan Gaya Baru Malam. Kereta ekonomi ini hanya berangkat dari Stasiun Kota saja, serta pemesanan tiket pun dapat dilakukan di loket setempat. Dengan kisaran harga Rp 35.000, perjalanan dapat memakan waktu hingga 12 jam.

Kereta ekonomi tidak berhenti di Stasiun Tugu Yogya, tetapi di Stasiun Lempuyangan. Jangan kuatir badan lelah menggunakan kereta api ekonomi, karena kini Anda tidak perlu berdiri berlama-lama di kereta api ekonomi. Kereta api ekonomi telah memberlakukan sistem nomor duduk yang sama dengan kereta api eksekutif dan ekonomi ac. Meskipun memakan waktu yang lama, tidak sedikit traveler menggunakan kereta ekonomi tersebut untuk menuju Yogya.

Ada baiknya Anda memesan tiket sejak 7 hari sebelum keberangkatan, supaya tidak kehabisan tiket kereta. Selain itu, siapkan pula Kartu Tanda Penduduk atau KTP dalam melakukan reservasi pemesanan tiket. Anda diharuskan menggunakan nomor KTP dalam melakukan reservasi, sebab hal ini merupakan peraturan baru PT KAI sejak Januari 2012.

Untuk mengetahui info lebih lanjut sepitar pemesanan tiket, Anda juga dapat menghubungi call center 121. Selamat berkunjung ke Yogyakarta dan hati-hati di jalan!

Leave a Reply

Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.