banner 468x60

Jadah Tempe Makanan Tradisional Khas Kaliurang

banner 468x60
banner 160x600

Jadah tempe adalah salah satu makanan tradisional khas yang berasal dari Selatan kota Yogyakarta. Makanan ini tidak akan anda temui di sembarang tempat di kota Yogyakarta karena makanan ini khas Kaliurang dan sangat terkenal hanya ada di sekitar tempat wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini.

Nama Jadah Tempe sesungguhnya merupakan gabungan dari dua jenis makanan yaitu jadah yang merupakan olahan dari ketan dan tempe ataupun tahu. Baik tempe atau tahunya biasanya diolah dengan cara dibacem. Nama Jadah (uli) atau orang jawa bilang gemblong.

Makanan bahan olahan dari ketan ini dengan campuran kelapa rasanya gurih. Sedangkan pasanganya tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem dengan rasa legi (manis). Akan lebih nikmat jika di temani dengan cabe rawit. Biasanya disajikan dengan bungkus daun pisang. Jadi rasa makanan ini kombinasi gurih dengan manis plus rasa pedas cabe rawit. Gigitan yang empuk dari jadah yang masih hangat dengan tempe dan tahu serta cabe rawit memang Cocok untuk hawa pegunungan …. hmmm ….. nikmat …

Makanan Jadah Tempe ini yang terkenal adalah Mbah Carik di areal wisata Kaliurang ini memang mempunyai sejarah yang sangat panjang. Jadah tempe ini awalnya sama sekali makanan biasa saja bagi orang desa bukan makanan yang terkenal. Pada tahun 1950-an Jadah tempe ini diperkenalkan pertama kali oleh Sastro Dinomo atau yang sering disapa mbah Carik sekitar di desa Kaliurang. Makanan tersebut menjadi terkenal ketika Sri Sultan Hamengkubuwono IX mencoba mencicipi jadah tempe. Ternyata Beliau sangat menyukainya apalagi beliau sering mengutus pengawalnya untuk membeli jadah tempe ke Kaliurang. Sejak saat itulah makanan Jadah tempe menjadi terkenal dan menjadi makanan khas Yogyakarta khususnya di Kaliurang hingga saatini.

Untuk dapat menikmati makanan ini pembeli hanya cukup mengeluarkan biaya yang murah berkisar antara Rp.10.000 – Rp.20.000.  Di Taman Wisata Kaliurang di setiap sudut penjual Jadah tempe juga terdapat dibanyak tempat. Bahkan ada yang keliling menawarkan kepada pengunjung.

Belum lengkap rasanya datang ke Kaliurang tidak mencicipi makanan ini. Jadah tempe ini tidak bisa bertahan lama jadi sebaiknya langsung dinikmati di hari yang sama saat membeli.

di sadur dari beberapa sumber

banner 468x60
Tags:
author

Author: 

Pesona Jogja - Informasi seputar Kota Jogja

One Response

  1. author

    aini2 years ago

Leave a Reply