Yogyakarta Tempo Doeloe dan Perkembangan sekarang ini

Yogyakarta dari dulu dikenal sebagai kota sejarah. Tak heran jika banyak peninggalan bersejarah baik peninggalan budaya maupun peninggalan tempo dulu seperti masa penjajahan. Hingga sekarang peninggalan itu masih terjaga kelestariannya. Ini tidak lepas dari kepedulian semua lapisan masyarakat Yogyakarta. Selengkapnya »

Mengenal Museum Kereta Kraton Yogyakarta

Menengok Sejarah Kereta Kuda di Museum Kereta Keraton Yogyakarta. Selengkapnya »

Info kuliner di Kota Yogyakarta

Berada di Yogyakarta, tak ada salahnya sekalian wisata kuliner khas kota ini. Aneka cita rasa akan ditawarkan dan yang pasti membuat siapapun akan ketagihan mencicipi lagi. Soal makan dan oleh saat berwisata ke Yogya, tidak usah bingung. Selengkapnya »

 

KA Malioboro Ekspress Layani Rute Jogja-Malang

Bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April, PT Kereta Api indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI Jogja akan meluncurkan kereta api Malioboro Ekspres (Molek). Kereta api ini melayani perjalanan Jogja-Malang.

Kepala Humas PT KAI Daops VI Jogja, Eko Budiyanto mengatakan, nama Malioboro Ekspres dipilih karena berkaitan dengan kekhasan Jogja sebagai kawasan wisata bisnis Jalan Malioboro. “Sementara, kami menyebutnya Molek,” katanya, Rabu (28/3).

Menurut Eko, selama ini belum ada rute khusus kereta dari Jogja ke Malang atau sebaliknya. Kereta tujuan kedua kota yang ada sifatnya masih sebatas transit saja. “Malabar (Bandung-Malang) dan Gajayana (Jakarta-Malang) hanya transit dan meneruskan perjalanan hingga tujuan akhir di Malang, Jawa Timur,” ujarnya.

Malioboro Ekspres, menurut Eko, merupakan kereta jenis eksekutif dan kelas ekonomi AC yang masing-masing terdiri tiga rangkaian gerbong. Tarif tiket eksekutif antara Rp175.000 hingga Rp300.000 sekali perjalanan. “Tarif kelas ekonomi AC antara Rp110.000 hingga Rp200.000 sekali perjalanan,” lanjut Eko.

Mengenai jadwal keberangkatan, staff humas Daops VI, Indri menambahkan, kereta dari Jogja pukul 21.00 WIB dan tiba di Malang sekitar pukul 04.00 WIB. Sementara dari Malang diberangkatkan pukul 08.30 WIB dan diperkirakan tiba di Jogja pukul 16.19 WIB. “Waktu tempuh cukup lama yakni tujuh jam,” ujarnya.

Malioboro Ekspres mampu mengangkut 390 penumpang terdiri dari 150 penumpang kelas eksekutif dan 240 penumpang kelas ekonomi AC.

sumber : harian Jogja

Leave a Reply

Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.