Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Hubungi Telpon

Tentang Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

Pojokejogja.com - Yogyakarta demikian terkenal di kelompok wisatawan. Di sini semua ada, harga juga relatif dapat dijangkau. Dimulai dari rekreasi kulineran sampai wisata alam, semua berada di Yogyakarta. Karena sangat lengkapnya, kemungkinan kamu masih bimbang cari oleh-olehan apa.

Opsinya banyak sekali, dimulai dari pasar tradisionil sampai tempat oleh-olehan modern. Kami bagi rekomendasi makanan khas jogja buat oleh oleh yang rasanya paling enak-enak dan harus dibawa pulang!

Berekreasi ke satu wilayah tidak komplet bila tidak bawa oleh-olehan. Masalahnya masing-masing wilayah mempunyai kulineran ciri khas yang lain, terhitung Yogyakarta.

Yogyakarta banyak memiliki makanan yang dapat dipakai sebagai oleh-olehan, misalkan saja bakpia. Tetapi selainnya bakpia sebenarnya ada beberapa kudapan yang lain pas untuk oleh-oleh.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh yang wajin di beli

Berikut 13 oleh-olehan ciri khas Yogyakarta yang menjadi opsi.

1. Bakpia 

Bakpia sebagai oleh-olehan ciri khas Yogyakarta yang populer dan menjadi legenda. Kue ini telah ada semenjak 1948.

Di Yogyakarta ada beberapa gerai bakpia yang terkenal, seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Citra Premium, dan ada banyak yang lain.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

Masing-masing gerai mempunyai keunikan tertentu hingga kamu dapat pilih sesuai dengan selera. Tetapi bila ingin beli untuk oleh-olehan, bagusnya tentukan bakpia kering karena lebih bertahan lama.

2. Yangko

Yangko sebagai kue ciri khas Yogyakarta yang struktur dan rasanya seperti mochi. Kue ini menjadi opsi bila kamu menyenangi kudapan yang manis dan kenyal.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

Kamu bisa beli yangko di toko oleh-olehan atau industri yangko rumahan. Salah satunya yang populer yakni Yangko Pak Prapto.

3. Geplak

Geplak sebagai makanan ciri khas Bantul yang dibuat dari parutan kelapa dan gula. Wujud kudapannya yaitu bundar dan berwarna-warna.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

Tidak susah mendapati geplak di Yogyakarta, karena sebagian besar toko oleh-olehan menjualnya. Untuk harga tidak terlampau mahal, bahkan juga kamu dapat beli dengan perhitungan gr.

4. Gudeg kaleng

Sekian tahun ke belakang, banyak penjual gudeg di Yogyakarta yang bereksperimen dengan membuat gudeg kaleng.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

Hidangan ini menjadi opsi bila kamu ingin melahap gudeg orisinal dari Yogyakarta di desa halaman. Tetapi bila ingin dicicipi di hari sama, nampaknya gudeg kendil kering juga menjadi opsi.

5. Bakpia kukus

Ada beberapa variasi bakpia yang dipasarkan di Yogyakarta. Salah satunya yang terkenal yakni bakpia kukus. Bakpia modern ini menjadi satu diantara oleh-olehan favorite pelancong selainnya bakpia pathok.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

Struktur rotinya yang empuk dan didalamnya yang melting membuat beberapa kelompok menyenanginya.

Menurut Yudi Permadi, Head of Pemasaran dan Kanal Bakpia Kukus Tugu Jogja, secara ide bakpia kukus di inspirasi dari tokyo banana ala-ala Jepang.

"Maka secara ide serupa dengan Tokyo Banana, karena benchmarking ke situ," sambungnya.

6. Tiwul

Tiwul ialah makanan dasar alternatif nasi yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Di Yogyakarta, tiwul dibuat jadi kudapan manis atau diolah seperti nasi.

Untuk oleh-olehan, kamu dapat beli tiwul instant atau olahan tiwul yang telah dikasih bermacam rasa. Bila tertarik, kamu dapat memperolehnya di toko oleh-olehan.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

7. Peyek pijakk

Peyek pijakk menjadi opsi bila kamu menyenangi cemilan yang renyah dan gurih. Di Yogyakarta, peyek umumnya diberi dengan kacang tanah atau teri.

Kekhasan dari peyek pijakk yaitu memiliki bentuk yang bundar dan tidak gepeng. Menurut Kompas.com, peyek pijakk awalnya dibikin oleh Mbok Pijakk pada 1975.

Bila ingin tahu kamu dapat beli peyek pijakl di sejumlah toko oleh-olehan atau pasar tradisionil.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

8. Wedang uwuh

Wedang uwuh sebagai minuman ciri khas Yogyakarta yang dicintai pelancong dan masyarakat lokal. Minuman ini dibuat dari kombinasi rempah, seperti jahe, kayu secang, cengkih, sampai kapulaga.

Masyakat Yogyakarta sendiri mengenali wedang uwuh dengan wedang rempah. Karena racikan menggunakan banyak rempah yang seperti timbunan sampah.

Walau demikian wedang uwuh banyak memiliki faedah, misalkan saja menghangatkan badan. Jika ingin beli kamu dapat tiba ke toko oleh-olehan atau pasar tradisionil.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

9. Keripik belut

Keripik belut banyak dipasarkan di Godean Yogyakarta. Keripik ini menjadi opsi kamu menyenangi cemilan gurih yang renyah.

https://www.pojokejogja.com/2022/03/jasa-sablon-di-jogja.html

Karena telah diproses sebegitu rupa, rasa dan wewangian dari keripik belut ini tak lagi asin . Maka, kamu tidak perlu cemas cobanya.

Simak juga: Konveksi Jasa Sablon Kaos di Jogja

10. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo adalah merk cokelat terkenal di Yogyakarta. Mencuplik artikel Kompas.com, Cokelat Monggo dibikin oleh pakar cokelat dari Belgia dengan memakai biji cokelat premium asli Indonesia.

Kamu dapat beli Cokelat Monggo di toko dan pusat industrinya langsung yang berada di Jalan Tugu Gentong RT 03 Sribitan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogjakarta.

https://www.pojokejogja.com/2022/03/jasa-sablon-di-jogja.html

11. Tumis mercon kaleng

Untukmu pencinta pedas dapat beli tumis mercon kaleng untuk oleh-olehan. Hidangan ini dibuat dari tetelan daging sapi yang diolah dengan beberapa cabe.

Tumis mercon kaleng dapat kamu peroleh di sejumlah toko oleh-olehan atau di warungnya langsung. Harga satu kaleng sekitaran Rp45.000.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

Simak juga:

- Kampus di Jogja Jurusan Komputer Terbaru

- Wisata Jogja HeHa Sky View

12. Walang goreng

Ingin coba kulineran yang cukup berlebihan? Bila iya, karena itu kamu dapat beli walang goreng untuk oleh-olehan.

Walang goreng ialah belalang yang dimasak sampai gurih lalu diberi bumbu. Hidangan ini lebih banyak dipasarkan di tepi jalan sekitaran Gunung Kidul.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

Karena cukup unik, banyak pelancong yang membeli untuk oleh-olehan. Walaupun keliatannya berlebihan tetapi walang renyah mempunyai struktur yang gurih dan rasa yang renyah.

13. Geblek

Bila rumahmu tidak terlampau jauh dari Yogyakarta, karena itu kamu dapat bawa geblek untuk oleh-olehan. Geblek ialah makanan yang dibuat dari tepung tapioka dan diberi bumbu bawang renyah.

Umumnya geblek dicicipi bersama dengan tempe bacem atau lauk yang lain. Makanan ini lebih banyak diketemukan di Kulonprogo. Untukmu yang ingin tahu dapat mencoba membeli.

Sama seperti dengan geblek, bila tempat tinggalnya tidak jauh dapat bawa jadah tempe untuk oleh-olehan. Sesuai namanya, jadah ini dihidangkan dengan tempe bacem hingga rasanya unik.

Penjual jadah tempe populer berada di Jalan Kaliurang, dekat sama tempat rekreasi Gunung Merapi. Nama tempatnya yakni Jadah Tempe Mbah Carik.

Makanan Khas Jogja buat oleh oleh

Simak juga: Paket Wisata Jogja Murah di Area Wisata

                     Konveksi Jasa Sablon Kaos di Jogja

Orang juga bertanya

Apa yang wajib dibeli di Jogja?

5.  Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak & Wajib Dibawa Pulang

1.       Bakpia Pathok. Dok. IDN Times.

2.       Bakpia kukus Tugu Jogja.

3.       Salak pondoh. blog.airpaz.com.

4.       Cokelat Monggo. medium.com.

5.       5.Jogja Scrummy. dolandolen.com.

 Apa saja oleh oleh khas Jogja?

1.       Berikut 8 oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan.

1.       Bakpia. Bakpia merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta yang terkenal dan melegenda.

2.       Yangko. Yangko merupakan kue khas Yogyakarta yang tekstur dan rasanya mirip seperti mochi.

3.       Geplak.

4.       Gudeg kaleng.

5.       Bakpia kukus.

6.       Tiwul.

7.       Peyek tumpuk.

8.       Wedang uwuh.

Apa nama Batik Yogyakarta?

Tidak jauh berbeda dengan batik-batik dari daerah lainnya, Yogyakarta juga menyimpan beberapa motif andalan dan kental akan ciri khas dari daerah ini, antara lain:

1.       Batik Yogyakarta Ciptoning.

2.       Batik Yogyakarta Pamiluto.

3.       Batik Yogyakarta Wahyu Tumurun.

4.       Batik Yogyakarta Parang Rusak Barong.

1.       5.Batik Yogyakarta Sidomukti.

Apa ciri-khas batik Yogyakarta?

Condong Warna Gelap. Merilis situs Kraton Jogja, beberapa ciri batik ciri khas Yogyakarta dapat disaksikan dari berwarna. Warna dasaran atau latar batik style Yogyakarta ialah warna putih atau hitam (biru kehitaman).

dikutip dari kompas.com

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Jogja buat oleh oleh"